Cover AksesInfo Skill Customer Service yang Wajib dimiliki

Skill Customer Service yang Wajib dimiliki

Customer Service – Perusahaan yang menjual produk atau layanan biasanya akan memiliki tim khusus yang bertugas sebagai layanan pelanggan. Tim ini disebut customer service, seorang cs ini akan bertanggung jawab sebagai penanganan keluhan, pertanyaan, dan pesanan dari para konsumen

Untuk memberikan layanan pelanggan yang baik, Maka anda harus bisa memiliki sikap yang terarah atau sikap orientasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan itu sendiri. Dengan harapan apa yang ingin dicapai perusahaan akan terwujud

Untuk itu apabila anda ingin menjadi seorang CS yang profesional, maka setidaknya anda memiliki keterampilan di dalam layanan pelanggan ini. Dan keterampilan ini akan membantu anda untuk menjadi seorang CS profesional

Lalu apa yang dimaksud dengan customer service? customer service adalah seseorang yang bertugas untuk melayani pelanggan dan CS ini merupakan bagian yang sangat penting di dalam suatu bisnis serta sebagai sarana penghubung antara pelanggan dan juga perusahaan

Menjadi costumer service yang optimal adalah kunci utama kesuksesan perusahaan. Selain itu juga tugas dari seorang CS ini yaitu memberikan kepuasan kepada para pelanggan pada saat para pelanggan tersebut menanyakan informasi produk baik itu produk barang atau jasa yang ditawarkan

Alasan kenapa seorang cs ini dikategorikan sebagai kunci utama? karena jika adanya penambahan pelanggan yang baru atau kembalinya pelanggan yang lama ini dapat mempengaruhi kualitas CS. Untuk itu apabila anda minat sebagai seorang CS? maka anda harus mempelajari skill Wajib customer service

1. Kemampuan Dalam Berkomunikasi

Untuk menjadi seorang customer service yang profesional, maka skill pertama yang harus dikuasai dan dimiliki oleh seorang CS ini adalah kemampuan berkomunikasi. Karena seorang CS ini akan langsung berhadapan dengan pelanggan baik itu secara online atau offline

Adapun kemampuan berkomunikasi seorang CS ini bukan hanya sekedar asal berbicara saja, melainkan harus berdasarkan kaidah dari perusahaan yang bersangkutan. Selain itu juga CS ini harus bisa menyampaikan segala bentuk informasi yang dimiliki oleh perusahaan tersebut

Dengan demikian seorang CS ini harus mampu menggunakan metode penyampaian yang benar dan baik supaya pihak konsumen tersebut dapat dengan mudah untuk memahami apa yang disampaikan oleh seorang customer service

Apabila ada kesalahan dalam menyampaikan informasi atau dalam berkomunikasi maka istilah tersebut bisa dikatakan sebagai miskomunikasi, dan apabila terjadi kesalahan ini maka dapat dikhawatirkan terjadinya kesalahpahaman kepada pihak konsumen

2. Mental dan Kesabaran

Skill berikutnya yang harus dimiliki oleh seorang customer service ini adalah kemampuan untuk menahan kesabaran. Perlu anda ketahui bahwa sikap dan juga perilaku dari customer ini terkadang susah untuk ditebak, misalnya ada customer dengan sikap baik, serta ada juga customer yang emosi bahkan ada juga customer yang marah

Dengan demikian untuk menjadi seorang CS ini anda harus bisa melatih mental dan juga kesabaran karena semua jenis sikap dan perilaku dari customer harus dapat ditangani dengan sangat baik serta harus dilayani dengan rasa penuh kesabaran oleh seorang CS

Dengan memiliki sikap kesabaran ini, maka akan sangat membantu customer dalam meredam kemarahannya atau kekesalan yang dilontarkan oleh customer kepada pihak CS, jangan sampai anda ikut terpancing serta terbawa emosi

Ketika anda sedang melayani para pelanggan, maka hal pertama yang yang harus difokuskan yaitu mendengarkan serta memperhatikan semua keluh kesah atau komplain yang disampaikan oleh pihak customer kepada anda

Kemudian setelah semua keluhan atau komplain customer itu selesai maka langkah anda berikutnya yaitu memberikan arahan serta solusi atas masalah yang dialami oleh customer anda tersebut secara perlahan-lahan agar mudah dimengerti oleh customer

Dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada customer, maka secara tidak langsung akan membuat pihak pelanggan memberikan feedback yang baik juga terhadap pelayanan anda. Dan tentunya feedback ini akan memberikan dampak yang positif bagi keberlangsungan perusahaan

3. Berani Bertanggung Jawab

Kemudian skil yang wajib dimiliki oleh seorang CS adalah Adanya rasa tanggung jawab yang penuh. Karena dari rasa tanggung jawab ini anda akan di cap sebagai orang yang  pekerja keras, dan pantang menyerah, atas semua pekerjaan serta tugas-tugas yang diberikan

Selain itu juga dengan memiliki kemampuan tersebut, etos kerja anda telah ditunjukkan secara hebat kepada semua karyawan. Untuk itu sebisa mungkin anda harus bisa mempertahankan sikap dan etos kerja anda tersebut, untuk menjadi sebuah jalan pintas anda menaikan level kerja 

Disamping itu juga, semua sikap yang berkaitan dengan tugas anda sebagai customer service ini, dengan apa yang telah anda sampaikan kepada para pelanggan adalah suatu hal yang nantinya bisa dipertanggungjawabkan

4. Update Skill dengan Belajar

Skill Customer service yang wajib dimiliki oleh anda yang ke empat ini adalah kemauan untuk tetap terus belajar dan mengupdate pengetahuan. Jika semua pencapaian anda telah berhasil, maka jangan pernah merasa puas dengan pencapaian tersebut

Anda harus selalu tetap belajar serta berlatih dalam memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan, perlu anda ketahui bahwa semakin banyak masalah yang anda alami, akan semakin banyak pula informasi pengetahuan yang bisa anda terima

Karena untuk menjadi seorang CS ini bukanlah suatu hal yang dianggap mudah. Pekerjaan jenis ini juga bukanlah hanya sekedar duduk dan mendengarkan keluhan dari customer atau pelanggan, melainkan anda harus memberikan solusi yang terbaik atas permasalahan tersebut

Meskipun kelihatannya mudah, namun hal ini sangatlah sulit dengan begitu kunci agar menjadi CS yang baik adalah mempelajari serta banyak berlatih, maka dari itu, mulai sekarang anda harus bertekad untuk selalu tetap belajar serta mengasah kemampuan yang anda miliki tersebut

5. Bersikap Profesional

Sebenarnya untuk semua jenis profesi pekerjaan pastinya harus memiliki sikap yang profesional. Termasuk juga pada profesi yang satu ini yaitu customer service. Apabila anda bekerja sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan, maka tidak ada lagi alasan untuk bekerja secara asal-asalan

Dengan demikian seorang pekerja customer service itu harus selalu tetap tampil segar, ceria, serta antusias dalam menjalankan pekerjaannya. Apalagi jika harus berhadapan dengan pelanggan anda, maka anda pun dituntut untuk harus bisa mengontrol emosi sebagaimana pada poin no 2 tadi di atas tadi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *