Gaji admin kredit bank – Tahap pertama ketika ingin mendapatkan pinjaman ke bank adalah menyerahkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Berdasarkan dokumen ini, diputuskan apakah Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman atau tidak. Lalu siapa yang memutuskan apakah pencairan pinjaman tersebut tepat atau tidak?
Memutuskan apakah seorang nasabah memenuhi syarat untuk mendapatkan pinjaman dari bank atau tidak adalah tugas petugas bagian pinjaman. Jadi ketika Anda menyerahkan dokumen persyaratan pinjaman, pemberi pinjaman adalah pejabat pertama yang akan meninjau kesesuaian dokumen Anda untuk mengambil keputusan. Penjelasan lebih detail mengenai petugas administrasi kredit dan tugasnya dapat Anda baca di sini.
Apa itu Manajer Kredit Bank?
Manajer kredit adalah salah satu fungsi terpenting bank dan lembaga keuangan lainnya. Mengapa? Sebab penentuan diterima atau tidaknya permohonan kredit seorang pelanggan berasal dari keputusan pengelola bagian kredit.
Saat Anda mengajukan pinjaman ke bank, dokumen-dokumen penting yang Anda berikan akan ditindaklanjuti oleh administrasi kredit. Manajer kredit memeriksa dan memverifikasi dokumen permohonan kredit pelanggan untuk menentukan apakah pelanggan layak menerima kredit atau tidak.
Setelah proses verifikasi dan admin di bagian kredit menunjukkan bahwa pelanggan layak mendapatkan kredit, proses selanjutnya dilanjutkan oleh pejabat lain seperti pemeriksa. Oleh karena itu, pengelola merupakan pintu gerbang yang menentukan apakah kredit tersebut dibayarkan atau tidak.
Selain itu, bagian administrasi perkreditan juga mempunyai peranan yang sangat penting yaitu menentukan apakah kepentingan bank terlindungi jika timbul perselisihan di kemudian hari. Fungsi lain dari administrasi perkreditan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai data/informasi bagi manajemen, sebagai sarana komunikasi antara bank dan debitur, sebagai alat pemantauan kredit dan sebagai sumber data untuk pelaporan berkala.
Tugas Administrasi Kredit Bank
Apa tugas seorang manajer kredit yang peranan dan kedudukannya sangat penting dalam proses kredit awal? Singkatnya, tugas pengelola kredit bank adalah memeriksa, memverifikasi dan memvalidasi dokumen-dokumen yang diberikan nasabah sebagai syarat pembiayaan.
Untuk lebih jelasnya mengenai tanggung jawab dan tugas manajer bagian kredit, silahkan simak berikut ini.
1. Melaksanakan Validasi, Pemeriksaan dan Verifikasi Dokumen
Memeriksa kelengkapan dokumen yang diserahkan serta memverifikasi dan memvalidasi kesesuaian dokumen dengan kondisi yang ada merupakan salah satu tugas terpenting seorang pengelola bagian kredit.
2. Mencatat Peminjaman Dokumen
Selain memeriksa dan memverifikasi dokumen, tugas lain dari manajer kredit adalah mendaftarkan setiap dokumen yang dipinjam dan memantau jangka waktu pembayaran yang diketahui oleh manajer cabang.
3. Memastikan Kelengkapan Dokumen
Sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya, pengelola bagian kredit harus memastikan kelengkapan dokumen persyaratan yang diserahkan oleh nasabah.
4. Memastikan Legalitas serta Membuat Laporan
Manajer bagian kredit juga bertanggung jawab untuk memeriksa apakah dokumen tersebut sesuai dengan otoritas kredit yang disetujui oleh lembaga (legalitas dokumen) dan menyusun laporan sesuai dengan ketentuan yang berlaku di bank.
5. Melaksanakan Pekerjaan Administrasi
Manajer bagian kredit bertanggung jawab melaksanakan kegiatan administrasi dari awal hingga akhir proses pengajuan kredit. Hal ini meliputi pemeriksaan kelengkapan dokumen, pemenuhan persyaratan sesuai SOP, dan memutuskan sesuai atau tidaknya permintaan pelanggan.
6. Melayani Proses Kredit
Job Desk Admin Kredit juga mempunyai tugas untuk melayani pelanggan yang mengajukan kredit, seperti menyampaikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan.
Oleh karena itu, tugas manajer kredit adalah memeriksa kelengkapan dokumen permohonan dan melakukan pemeriksaan akhir sebelum tahap pencairan pinjaman. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menyimpan dokumen pinjaman setelah pinjaman dicairkan.
Selain poin-poin di atas, beberapa hal yang tidak kalah pentingnya dilakukan oleh bagian administrasi perkreditan, seperti:
- Pembukaan fasilitas kredit bagi debitur
- Pembayaran dana
- Buat persyaratan kredit
- Memantau pembayaran angsuran secara kredit
- Menghitung hal-hal yang berkaitan dengan kredit
- Jika terjadi standing instruction, tugas manajer departemen adalah mengirimkan konfirmasi debit ke departemen terkait
- Mengambil fasilitas kredit pada saat pelunasan dilakukan
Bagaimana? Apakah tugasnya cukup sederhana untuk dipahami? Inilah beberapa tugas penting yang perlu dilakukan oleh manajer kredit.
Baca juga : Siapa yang Mewawancarai Pelamar dalam Wawancara Kerja
Gaji Admin Kredit Bank dan Tunjangan
Posisi manajer kredit bank menerima gaji berkisar Rp 3,5 juta hingga Rp 8 juta. Bahkan ada beberapa bank yang memberikan gaji hingga Rp 10-12 juta tergantung pengalaman, masa kerja, perusahaan dan jabatan.
Selain gaji, posisi manajer kredit bank juga memiliki berbagai keuntungan seperti pegawai bank pada umumnya. Hal ini dikarenakan pentingnya peran pengelola kredit bank dalam menjalankan transaksi kredit pada suatu lembaga perbankan.
Alur Kerja Admin Kredit
Tugas penting manajer kredit harus dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Untuk melaksanakan tugasnya, manajer bagian kredit mengikuti alur kerja sebagai berikut.
- Meneliti NKKK sebelum membuat SKK (Keputusan Kredit). Terutama jaminan dan asuransi yang mengikat.
- Menyiapkan SKK (surat keputusan kredit).
- Menyiapkan PK (perjanjian kredit) dan perjanjian tambahan lainnya.
- Siapkan surat penugasan asuransi kepada perusahaan asuransi.
- Buat faks untuk membuka rekening pinjaman.
- Membuat dan melengkapi daftar persyaratan disposisi.
- Menata dokumen yang diterima oleh ADK (Administrasi Perkreditan).
- Pemantauan dokumen yang diterima.
Kurang lebih itulah alur kerja petugas administrasi kredit.
Alur Pemberian Kredit
Untuk tata cara peminjaman, setiap bank mempunyai SOP yang berbeda-beda. Di bawah ini adalah proses peminjaman secara umum.
- Kirim berkas
- Selidiki file pinjaman.
- Wawancara awal (pemeriksaan calon peminjam).
- Di tempat. Pemeriksaan langsung terhadap objek yang akan dijadikan usaha atau jaminan.
- Wawancara II (perbaikan berkas, apabila ada kekurangan pada saat penilaian).
- Keputusan kredit (diterima atau ditolak).
- Penandatanganan perjanjian kredit/perjanjian lainnya.
- Realisasi kredit.
- Penyaluran dana.
Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan oleh Petugas Administrasi Kredit
Dalam melaksanakan tugasnya, manajer kredit harus memperhatikan dan melaksanakan tugasnya dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab. Sebab kesalahan yang dilakukannya bisa berakibat fatal. Berikut adalah beberapa hal yang tidak boleh dilakukan oleh manajer kredit.
- Pengelola kredit tidak boleh memalsukan data yang akan dimasukkan maupun data yang akan dikeluarkan.
- Jangan memanipulasi data yang ada. Manajer kredit harus membuat laporan dengan jelas dan jujur.
- Merekap kebutuhan secara jelas dan dari sumber yang jelas.
Demikian beberapa pernyataan tentang manajemen kredit. Setelah melihat gaji admin kredit bank beserta tugas dan alur kerjanya, apakah Anda tertarik berkarir di bidang tersebut? Semoga artikel ini dapat bermanfaat.
Informasi Tambahan
- Cari lowongan kerja terbaik Anda melalui aksesinfo.my.id
- Gabung di Instagram kami, agar tidak ketinggalan info lowongan kerja terbaru setiap harinya Loker Akses Info
