Cara Retur Barang di Shopee yang Sudah Diterima – Terkadang, ada kalanya disaat kita sedang melakukan pembelian barang di suatu toko online yang terdapat pada marketplace seperti di Shopee, kita sebagai pembeli, merasa bahwa pesanan tersebut tidak sesuai atau barang tersebut rusak
Pesanan yang tidak sesuai tersebut antara lain seperti kondisi barang rusak, bentuk barang yang tertera di gambar tidak sesuai dengan faktanya, atau bisa jadi karena hal yang lain. Dengan demikian, Anda sebagai seorang pembeli dari barang tersebut sangat berharap untuk bisa mengajukan pengembalian kepada seller yang bersangkutan
Begitupun sebaliknya, para seller yang sedang berjualan di Shopee pun tentunya mereka sangat berharap serta berhati-hati supaya tidak terjadi suatu kesalahan pada saat transaksi yang dapat menjadikan si pembeli bisa mengembalikan suatu pesanan tersebut
Lantas, bagaimana apakah bisa melakukan sebuah retur barang di Shopee, apabila terjadi suatu kesalahan pembelian barang? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja syarat-syarat agar bisa dilakukan retur barang, dan ini dia penjelasannya
Syarat dan Ketentuan Retur Barang di Shopee
Sebelum Anda benar-benar akan melakukan sebuah pengajuan retur barang di marketplace Shopee, maka ada baiknya Anda wajib untuk memahami suatu syarat dan juga ketentuan yang berlaku dari retur barang di Shopee tersebut terlebih dahulu
Untuk itu, terkait dengan cara retur barang di Shopee yang sudah diterima beserta hal-hal apa saja yang bisa membuat suatu barang atau pesanan di shopee dapat dikembalikan kepada pihak seller. Maka berikut adalah penjelasan tentang syarat dan ketentuan dari retur barang di toko Shopee yang harus Anda simak
1. Kondisi Barang
Anda bisa untuk mengajukan suatu retur barang kepada pihak seller toko di marketplace Shopee, dengan suatu catatan bahwa pesanan tersebut belum Anda diterima, kondisi yang rusak, serta barang yang Anda beli tersebut tidak sesuai dengan apa yang telah Anda pesan
2. Persetujuan Toko
Perlu Anda ketahui, bahwa sebelum Anda mengajukan retur barang, maka terlebih dahulu Anda melakukan konfirmasi ke pihak toko yang menjual barang tersebut, untuk meminta persetujuan bahwa Anda akan melakukan retur barang, jika toko tersebut menerima dan mengizinkan retur, maka proses pengembalian barang bisa dilakukan
3. Bukti dan Alasan
Syarat berikutnya, agar Anda bisa melakukan retur barang di Shopee adalah terdapat sebuah bukti dari kesalahan produk yang dikirimkan, beserta alasan kenapa Anda harus melakukan retur barang, dengan Adanya bukti tersebut maka akan mempermudah Anda pada saat ingin melakukan retur produk
4. Durasi Retur
Setidaknya, durasi untuk melakukan pengembalian barang ke pihak toko yang terkait setelah barang tersebut Anda terima, yakni tidak boleh melewati batas waktu dari masa garansi yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee dengan berkisar kurang lebih 2 hari setelah barang diterima, jika melebihi batas, maka Anda tidak dapat melakukan retur
5. Pengembalian Dana
Terkait dengan pengembalian dana setelah Anda melakukan retur barang, maka jika pihak penjual telah menerima barang yang telah Anda kembalikan, serta penjual telah menyetujui bahwa barang tersebut terdapat adanya suatu kesalahan dari pihak penjual, maka dana akan langsung otomatis masuk ke dalam akun Shopeepay milik Anda yang berupa saldo
Baca Juga : Cara Mengembalikan Akun Shopee yang Lama
Cara Retur Barang di Shopee yang Sudah Diterima
Setelah Anda memahami apa saja ketentuan dan syarat agar bisa dilakukannya retur barang di Shopee, maka langkah berikutnya adalah cara retur barang di Shopee dengan baik dan juga benar. untuk itu silahkan Anda simal penjelasan lengkap berikut ini
1. Buka Aplikasi Shopee
Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Shopee yang terdapat di dalam ponsel Anda, kemudian klik pada bagian menu Saya (Profil akun Shopee) yang terdapat di bagian pojok kanan bawah di dalam dashboard aplikasi Shopee tersebut
2. Rincian Pesanan
Setelah Anda masuk ke bagian profil akun di bagian menu Saya, maka Anda akan dihadapkan dengan tampilan halaman yang berupa profil akun beserta rincian dari barang yang telah dilakukan pemesanan beserta pembelian atau riwayat pesanan
Untuk mengembalikan produk atau barang, maka silahkan Anda klik pada bagian menu “Dikirim” serta dilanjutkan lagi dengan cara mengklik “Rincian Pesanan” maka Anda akan diarahkan ke bagian halaman dari produk yang telah dilakukan pemesanan tersebut
3. Ajukan Pengembalian Barang
Setelah Anda memasuki halaman rincian produk, maka langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah scroll layar ponsel Anda ke bawah sampai menemukan tombol dengan tulisan “Ajukan Pengembalian” kemudian klik pada bagian tombol tersebut
4. Mengisi Form Data Pengembalian
Langkah selanjutnya yaitu silahkan Anda pilih produk mana yang akan Anda kembalikan (Retur) kepada pihak penjual, kemudian silahkan Anda berikan sebuah Alasan mengapa Anda melakukan retur barang di Shopee tersebut sesuai dengan keadaan serta kondisi barang yang telah Anda terima
Selain itu juga, silahkan Anda masukan media yang berupa bukti dari kesalahan tersebut, untuk nantinya menjadi bahan pertimbangan serta mempercepat proses dari retur tersebut, dan silahkan Anda masukan pula jasa pengiriman barang beserta memasukan alamat email yang aktif
5 Klik Tombol Kirimkan
Tahapan terakhir, setelah semua data yang telah Anda masukan ke dalam format retur barang di shopeee benar, maka langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengklik tombol “Kirimkan”. maka proses retur tersebut sedang berlangsung dan Anda hanya perlu untuk melakukan pengiriman barang melalui kurir yang telah ditentukan beserta menunggu tanggapan dari pihak toko yang terkait
Akhir Kata
Itu dia langkah-langkah cara retur barang di Shopee yang sudah diterima dan perlu Anda lakukan apabila pada saat Anda membeli produk atau barang di Shopee adanya kesalahan barang yang mengharuskan Anda untuk melakukan pengembalian produk kepada penjualnya kembali
Demikianlah artikel singkat tentang cara retur barang di Shopee ini, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda, dan bagi Anda yang saat ini sedang mencari lowongan kerja, maka Anda bisa mencari dan menemukannya melalui situs website dari aksesinfo.my.id ini
GABUNG DI INSTAGRAM KAMI, AGAR TIDAK KETINGGALAN INFO LOWONGAN KERJA TERBARU SETIAP HARINYA
>> LOKER AKSES INFO <<
