Cara Menolak Interview Kerja Lewat Wa – Bagi para pencari kerja yang saat ini telah menerima panggilan dari suatu instansi perusahaan, hal ini merupakan suatu kebanggaan serta suatu hal yang sangat spesial untuk dirinya
Namun bagaimana caranya jika di saat anda harus memenuhi undangan panggilan wawancara kerja tersebut, tiba-tiba anda langsung mengubah pikiran anda dan tidak ingin memenuhi undangan tersebut. di saat itu juga anda langsung bagaimana cara bagaimana menolak tawaran tersebut
Sebenarnya, untuk mencapai posisi ini bagi para pencari kerja yang lain tertentu, hal yang sangat mudah, tetapi mereka harus melewati berbagai macam tantangan serta rintangan yang harus lewati hingga akhirnya bisa mencapai posisi ini
Namun terkait dengan hal ini, semua keputusan ada di diri para pencari kerja masing-masing apakah pencari kerja akan menerima tawaran tersebut atau bahkan menolak dari tawaran tersebut, biasanya mereka punya alasan tersendiri mengapa ia harus menolak tawaran tersebut
Untuk itu, bagi Anda yang saat ini sedang dalam posisi tersebut, jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas suatu cara dimana Anda bisa melakukan penawaran wawancara dengan cara yang baik serta masuk akal
Alasan Mengapa Menolak Tawaran Wawancara Kerja
Sebelum membahas inti dari permasalahan tersebut, maka sebaiknya Anda mengetahui berbagai macam alasan mengapa ia harus menolak tawaran wawancara tersebut. Karena kita semua tahu, bahwa untuk mencapai posisi tersebut mudah
Namun yang mereka dapatkan adalah alasan tersendiri mengapa ia harus menolaknya, berikut ini adalah beberapa alasan mengapa ia harus menolak tawaran tersebut, dan simak dan perhatikan penjelasannya
1. Jenis Pekerjaan Tidak Sesuai
Alasan pertama mengapa ia harus menolak tawaran kerja dari suatu perusahaan adalah karena jenis pekerjaan yang didapatkannya, tidak sesuai dengan harapan serta apa yang ia inginkan, maka dari itulah mengapa ia berani menolak tawaran tersebut
2. Adanya Tawaran yang Lebih Menarik
Pada saat mencari lowongan pekerjaan, maka biasanya para pencari kerja tidak akan menargetkan di salah satu perusahaan tertentu, melainkan mereka akan menyebarkan lamaran kerja kepada setiap instansi perusahaan yang membuka lapangan pekerjaan
Dengan demikian, jika ada beberapa instansi yang menghubunginya dan memberikan tawaran yang sangat menarik antara instansi yang satu dengan instansi lain, maka ia lebih memilih suatu instansi perusahaan yang menawarkan kepada dirinya dengan tawaran kerja yang menarik
3. Dapatkan Respon yang Lama
Alasan yang ketiga ini, sering kali dirasakan oleh semua pencari kerja yaitu dimana mereka akan menolak tawaran wawancara kerja dari suatu instansi perusahaan yang diakibatkan oleh tanggapan pihak perusahaan yang terlalu lama
Kembali lagi ke pon no 2, bahwa biasanya para pelamar kerja, mengirimkan lamaran kerja tidak ke satu instansi saja. bisa jadi ia telah mendapatkan pekerjaan atau tidak lagi mengharapkan pekerjaan tersebut karena terlalu lama menunggu untuk mendapatkan tanggapan dari salah satu perusahaan
Baca Juga : Tips Penting Saat Persiapan Mencari Lowongan Kerja
Cara Menolak Interview Kerja Lewat Wa
Saat keputusan anda untuk menolak tawaran wawancara kerja dari suatu perusahaan tersebut sudah bulat, tentunya hal tersebut harus anda segerakan dan tanpa berlama-lama dalam merespon jawaban anda tersebut
Selain itu, pada saat Anda membalas pesan tersebut dan menolak tawaran wawancara tersebut, maka jawaban Anda itu harus dilakukan dengan jawaban yang sopan serta jawaban yang sangat baik yang terpenting tidak asal-asalan menjawab pesan tersebut
Selain itu, sebisa mungkin pada saat Anda menjawab pesan panggilan wawancara kerja tersebut, Anda harus menjawab secara profesional agar tidak ada masalah antara kedua pihak, untuk itu, berikut ini adalah tips menolak wawancara kerja lewat wa yang bisa Anda lakukan
1. Berikan Respon yang Cepat

Dengan cara memberikan kabar atau menjawab tawaran dari wawancara kerja tersebut dengan respons yang cepat adalah hal yang utama untuk Anda lakukan, selain dari Anda membantu menghemat waktu dari pihak perekrut, Anda pun bisa lega karena tanggung jawab dari jawab
Perlu anda ketahui, bahwa mengapa perusahaan memberikan tanggapan yang lama terhadap lamaran kerja yang anda ajukan, karena mereka memiliki jam-jam yang sibuk seperti harus bertemu dengan satu pihak, belum lagi urusan kantor dan yang lainnya
Mereka harus benar-benar menyeleksi orang-orang yang dirasa pantas serta cocok untuk mendapatkan posisi pekerjaan di perusahaannya tersebut, jadi mereka tidak akan menentukan calon yang siap untuk dipekerjakan di perusahaannya.
2. Jangan Lupa Mengucapkan “Terima Kasih”

Tips penting yang kedua ini adalah anda harus bisa menyempatkan dalam jawaban kata “Terima Kasih” karena dengan kata ini, anda menghargai kedua usaha yang dilakukan oleh rekrutmen agar bisa menghubungi anda
Kata terima kasih ini, bisa anda sempatkan di awal kalimat pada saat anda memberikan jawaban dari jawaban tersebut. Seperti contoh
“Terima kasih banyak dengan semua pertimbangan Bpk/yang telah menyempatkan waktunya untuk mengundang dan memberikan suatu kesempatan kepada saya untuk mengikuti proses wawancara kerja di Perusahaan PT. Sebagai Manajer Admin. Namun …. (berikan alasan permintaan anda) ….”
3. Memberikan Alasan dari Penolakan Secara Singkat

Dengan cara menyertakan suatu alasan di dalam pesan-pesan tersebut, merupakan suatu hal yang sangat baik serta contoh yang bagus. Dengan adanya alasan yang Anda sertakan tersebut, maka rekrutmen tidak akan memberikan suatu pertanyaan lagi “Mengapa Anda menolaknya”
Selain itu, pada saat Anda memberikan jawaban tersebut beserta dengan alasanya, maka Anda perlu banyak basa-basi dalam memberikan jawaban, dengan alasan mengapa Anda bisa terlihat profesional, namun malah sebaliknya terlalu banyak membuang waktu
Untuk menghindari hal tersebut, maka Anda bisa memberikan alasan pemberitahuan tawaran wawancara kerja tersebut dengan sangat singkat dan juga jelas, seperti contoh di bawah ini
Namun, karena adanya masalah pribadi yang harus saya selesaikan terlebih dahulu, terpaksa saya lakukan untuk menerapkan serta tidak mengikuti salah satu proses tahapan Wawancara. Dengan kata lain, saya diri saya dari proses mengamati yang saat ini sedang diberlangsungkan.”
4. Jangan Lupa Mengucapkan “Permintaan Maaf”

Dengan menyempatkan permintaan maaf ini, maka Anda secara tidak langsung menunjukkan sikap profesional Anda serta telah memberikan jawaban yang sangat baik dan sopan. Dengan kata lain, mereka tidak akan menutup kemungkinan bagi Anda untuk memberikan sebuah kesempatan di lain waktu
Kemudian coba Anda bayangkan jika Anda tidak menyempatkan sebuah kalimat permintaan maaf Anda, maka hal ini akan menimbulkan suatu sifat ketidaksopanan Anda terhadap rekrutmen kerja, bahkan tidak segan-segan mereka akan menganggap Anda sebagai seseorang yang menyepelekan suatu pekerjaan
Contoh Wawancara Penolakan Tawaran Kerja
Setelah Anda mengetahui tips tentang cara melakukan penawaran wawancara kerja di suatu instansi perusahaan, maka berikut ini adalah contoh-contoh yang bisa Anda coba untuk melakukan sebuah cara menolak interview kerja lewat wa
Contoh Cara Menolak Wawancara Kerja Lewat WhatsApp
Yth, HRD “Nama Instansi/Perusahaan”
Sebelumnya, saya sangat banyak mengucapkan terima kasih atas waktu yang diberikan kepada saya dan atas semua pertimbangan yang telah Anda berikan kepada saya dalam mengikuti tawaran undangan sebagai “Nama Posisi Pekerjaan” di “Nama Instansi/Perusahaan” . Namun, dengan berat hati saya harus menyampaikan ini bahwasanya saat ini saya telah mendapatkan sebuah pekerjaan di tempat yang lain. Sehingga dengan ini saya harus mengumumkan pengunduran diri saya dari proses yang sedang berjalan.
Mohon maaf sebesar-besarnya atas keputusan yang saya buat ini. Sejujurnya, saya pribadi sangat menikmati semua proses acara yang saya jalani. Dan saya sangat berharap bahwa Anda dapat menemukan pengganti saya dengan menemukan. Sekali lagi saya terima kasih.
salam,
[Namamu Anda]
- Cari Lowongan Kerja di aksesinfo.my.id
GABUNG DI INSTAGRAM KAMI, AGAR TIDAK KETINGGALAN INFO LOWONGAN KERJA TERBARU SETIAP HARINYA
>> LOKER AKSES INFO <<
