Cara Mengukur Kinerja Karyawan – Setiap karyawan, pastinya akan memiliki tingkat kemampuan dan juga bakat yang berbeda-beda. Maka dari itulah, poin penilaian bagi kinerja karyawan sangat perlu untuk dilakukan agar memudahkan dalam memahami kompetensi keahlian dari setiap karyawan yang bekerja
Dengan mengetahui metode mengukur kinerja karyawan ini, maka perusahaan dapat lebih memantau lagi peluang keberhasilan pada saat proses rekrutmen, serta dapat menyamakan sebuah visi perusahaan dengan visi seorang karyawan kerja
Bukan hanya itu saja, melainkan ada beberapa aspek manfaat lainya yang akan didapatkan jika perusahaan bisa menerapkan proses performance appraisal ini. Maka pihak karyawan pun dapat merasakan manfaat juga dari proses penilaian yang dilakukan ini
Pengertian Penilaian Kinerja Karyawan
Kinerja karyawan adalah sebuah hasil dari pekerjaan yang telah raih serta dicapai oleh seorang karyawan dengan berdasarkan aspek standarisasi yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Supaya dapat mencapai performa kinerja karyawan baik, maka poin penilaian ini sangat diperlukan
Dari penilaian kinerja yang dilakukan tersebut, semata-mata untuk mengevaluasi suatu performa dari kinerja masing-masing seorang karyawan dalam memperoleh atau mencapai suatu target kerja yang telah ditentukan dan ditetapkan oleh pihak perusahaan yang terkait
Apabila proses penilaian kinerja ini telah selesai dilakukan, maka tahapan berikutnya adalah proses pemberian reward atas apresiasi perusahaan kepada seorang karyawan yang bersangkutan tersebut. Hal ini diberikan guna untuk lebih mendorong lagi semangat dalam bekerjanya
Adapun hasil dari proses evaluasi penilaian yang dilakukan tersebut antara lain yaitu pihak perusahaan dapat memberikan sebuah feedback untuk seorang karyawan yang bersangkutan tersebut. Namun cara mengukur kinerja karyawan tersebut adalah dengan berdasarkan periode-periode yang mencakup
1. Periode Pertengahan Tahun
Periode penilaian dari kinerja karyawan ini ada yang dilakukan mulai dari awal tahun hingga tengah tahun. Bentuk penilaian ini hanya dapat digunakan sebagai bentuk nilai bayangan saja agar karyawan atau appraisee sendiri dapat mengetahui performa kinerjanya padai suatu perusahaan.
2. Periode Akhir tahun
Kemudian ada juga periode penilaian yang dilakukan oleh perusahaan pada pertengahan tahun sampai akhir tahun. Penilaian ini pun digunakan biasanya untuk menentukan performa nilai akhir dari kinerja karyawan/Appraisee selama ia bekerja di perusahaan yang bersangkutan.
3. Setahun Penuh
Penilaian dilakukan dari awal tahun hingga akhir tahun (Januari – Desember). Sama seperti End Year, penilaian ini berfungsi untuk menentukan nilai akhir kinerja karyawan/Appraisee dalam suatu perusahaan.
Cara Mengukur Kinerja Karyawan
Suatu reward akan nantinya akan diberikan oleh perusahaan terhadap karyawan yang dinilai berprestasi serta karyawan yang mampu meraih target, untuk itu dengan adanya bentuk penilaian yang berupa reward ini harapan yang didapat adalah dapat meningkatkan semangat kerja karyawannya
Dari penilaian kerja karyawan ini, merupakan sebuah bentuk motivasi beserta bentuk apresiasi dalam dunia kerja. Dengan adanya penilaian tersebut, maka seorang karyawan ini akan termotivasi untuk bisa selalu memberikan performa yang terbaik, karena ia selalu mendapatkan dukungan dari perusahaan
Adapun metode penilaian kinerja karyawan ini dapat memberikan suatu hasil yang memberikan efek manfaat baik itu bagi perusahaan, atasan, atau bahkan kepada pihak karyawan yang bersangkutan tersebut. Namun untuk bentuk penilaian kinerjanya tersebut dapat memberikan manfaat seperti
Manfaat Bagi Karyawan
- Dapat menumbuhkan motivasi
- Dapat memberikan kejelasan tentang standarisasi penilaian kerja
- Sebagai tolak ukur diri untuk bisa memperperbaiki kinerja pada masa mendatang
- Sebagai sarana untuk bisa mengetahui kelemahan dan juga kelebihan dari diri sendiri
- Sebagai sarana untuk menjalin komunikasi dan kedekatan dengan atasan.
Manfaat Bagi Atasan
- Sebagai sarana masukan untuk lebih peningkatan sistem manajemen
- Lebih meningkatkan atau bisa memperbaiki sistem pengawasan kerja
- Sebagai sarana untuk bisa lebih meningkatkan kepuasan kerja
- Bisa lebih mengenali karakteristik, kelemahan, dan juga kelebihan dari setiap masing-masing karyawan
- Sebagai sarana media komunikasi antara pihak atasan serta bawahan dalam memberikan suatu masukan bagi perusahaan.
Manfaat Bagi Perusahaan
- Meningkatkan performa kualitas bagi perusahaan
- Dapat meningkatkan performa kinerja karyawan
- Sebagai sarana media komunikasi
- Sebagai sarana bila ada masukan untuk bisa lebih mengetahui suatu jenis pelatihan atau adanya training yang dibutuhkan oleh para karyawan.
Akhir Kata
Sebuah penilaian kinerja para karyawan ini, bisa membantu untuk menumbuhkan iklim kerja yang sehat, karena semua pihak yang ada di dalam perusahaan seperti pihak karyawan, atasan maupun perusahaan itu sendiri akan mendapatkan berbagai macam masukan dengan berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan
Dengan demikian, cara seperti ini lah pihak karyawan, atasan, dan juga perusahaan bisa lebih saling bekerja sama secara sportif untuk bisa meraih suatu target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Untuk itulah cara mengukur kinerja karyawan ini sangatlah penting untuk dilakukan
Demikianlah artikel singkat kali ini mengenai bagaimana cara melakukan pengukuran kinerja para karyawan di suatu perusahaan, semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk Anda. Namun sebelum artikel ini diakhiri, bagi Anda yang saat ini sedang mencari lowongan kerja, maka bisa mencarinya melalui Portal Lowongan Kerja aksesinfo.my.id ini. Terimakasih
GABUNG DI INSTAGRAM KAMI, AGAR TIDAK KETINGGALAN INFO LOWONGAN KERJA TERBARU SETIAP HARINYA
>> LOKER AKSES INFO <<
