Urutan persyaratan lamaran kerja yang benar – Salah satu peran yang menjadi sangat penting dalam melamar pekerjaan adalah pelamar kerja harus melengkapi berkas-berkas dokumen persyaratan lamaran kerja sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan
Suatu berkas lamaran kerja yang lengkap ini, belum cukup untuk bisa menyakinkan seorang HRD agar Anda bisa diterima kerja di dalam perusahaan. Berkas-berkas tersebut harus Anda susun dengan sangat cermat, teliti dan juga tertata dengan dengan sangat rapi
Hal ini bertujuan agar dapat memudahkan pihak HRD dalam mengecek dan menyeleksi semua berkas lamaran yang dikirimkan oleh para pelamar kerja. Disamping itu juga, berkas lamaran kerja ini dapat mencerminkan bahwa Anda ini adalah orang yang sangat teratur
Lalu, apa yang dimaksud dengan urutan persyaratan surat lamaran kerja yang benar ini? untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini adalah artikel yang akan menginformasikan mengenai pertanyaan tersebut, silahkan Anda simak
Urutan Persyaratan Lamaran Kerja yang Benar
Seperti yang telah kita ketahui, bahwa salah satu syarat dalam melamar pekerjaan adalah melengkapi semua dokumen yang dibutuhkan dalam administrasi. Di setiap instansi atau lembaga, mereka sebenarnya telah memiliki standarisasi dalam menginformasikan persyaratan lamaran kerja
Memiliki suatu pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang Anda inginkan, tentu hal ini adalah impian bagi semua orang.Namun sebelum Anda melakukan pengiriman berkas lamaran kerja, maka Anda harus mengetahui apa saja persyaratan yang dibutuhkan dalam melamar pekerjaan
Yang harus Anda perhatikan dengan sangat detail, ternyata terdapat beberapa kesamaan persyaratan yang dimiliki oleh setiap lembaga. Untuk itu, sebelum Anda mengetahui daftar dari dokumen untuk melamar pekerjaan, ada baiknya Anda mengetahui tips berikut ini saat melamar kerja
1. Memanfaatkan Internet
Jika di jaman dulu orang-orang yang akan melamar kerja dilakukan dengan cara door to door ke berbagai perusahaan, maka untuk era modern seperti sekarang ini Anda bisa mendapatkan informasi tentang lowongan kerja melalui Internet dengan sangat mudah
Untuk sekarang ini, telah banyak platform situs website yang menyediakan berbagai jenis lowongan kerja yang bisa dipilih sesuai dengan minat dan bakat yang Anda inginkan, Dengan adanya platform tersebut Anda hanya perlu apply lamaran kerja dan mengisi semua data yang dibutuhkan
2. Memperluas Koneksi
Tips kedua adalah adalah memperluas jaringan koneksi, karena hal ini bukan lah suatu rahasia lagi, dengan Anda memiliki koneksi yang sangat luas, maka Anda akan memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan, salah satunya yaitu pada saat Anda sedang membutuhkan pekerjaan.
Dengan memiliki banyak koneksi atau kenalan, maka hal ini akan sangat membantu Anda dalam memperoleh berbagai macam informasi yang berkaitan dengan lowongan pekerjaan terutama pada teman yang saat ini telah atau sedang bekerja di suatu perusahaan
Bahkan, tak jarang pula ditemukan kalo mereka sendirilah yang nantinya akan menawarkan kepada Anda suatu pekerjaan pada saat ia merasa membutuhkan tambahan tenaga kerja. Dengan begitu, Anda akan memperoleh banyak hal tentang informasi seputar pekerjaan
3. Memilih Pekerjaan Pada Bidang yang Sama
Apabila Anda memilih untuk bekerja pada bidang yang sama seperti pada posisi Anda sebelumnya, maka pihak dari HRD akan melihat Anda sebagai suatu nilai yang sangat plus. Andapun bisa menggunakan metode pengalaman kerja sebelumnya untuk meningkatkan efisiensi tawaranmu.
Dengan begitu, tim perekrut kerja bisa lebih yakin bahwa Anda ini adalah kandidat yang sangat menekuni bidang pekerjaan yang saat ini sedang Anda lamar. Selain itu juga, apabila Anda adalah seorang fresh graduates, maka Anda bisa membuat tulisan blog untuk dijadikan sebagai portofolio
Di samping itu juga, sebelum Anda mengirimkan berkas lamaran, maka ada baiknya Anda melakukan terlebih dahulu riset kecil-kecilan mengenai tentang perusahaan tersebut. Sehingga Anda bisa lebih tahu tentang seperti apa perusahaan yang nanti akan Anda tempati tersebut
Daftar Berkas Dokumen Saat Melamar Kerja
Urutan persyaratan lamaran kerja yang benar agar Anda bisa dipanggil dan mengikuti sesi interview kerja oleh suatu perusahaan tertentu, maka Anda harus mengirimkan terlebih dahulu berkas lamaran kerja yang sudah lengkap dan sesuai, supaya data profil pribadi Anda bisa ditinjau oleh tim HR
Akan tetapi, pada umumnya di setiap korporasi perusahaan selalu memiliki persyaratan yang berbeda antara perusahaan yang satu dengan perusahaan yang lainnya. Itu bisa saja terjadi karena setiap kebijakan manajemen di perusahaan yang telah ditentukan sebelumnya.
Jika Anda memperhatikan dengan lebih detail, ternyata masih ada beberapa persyaratan yang umum di setiap perusahaan ataupun di lembaga yang memiliki kesamaan. Dan berikut ini adalah urutan persyaratan lamaran kerja yang benar yang akan digunakan pada sebagian besar perusahaan
1. Curriculum Vitae (CV)
Seperti yang kita ketahui, bahwa hal utama dan yang paling mendasar dalam mengirimkan berkas lamaran kerja adalah Curriculum Vitae (CV). Pihak HRD pada umumnya akan melihat dokumen yang satu ini pada saat pertama kalinya, karena mereka akan melihat kualifikasi dari pelamar
Terdapat beberapa hal yang sangat wajib untuk dicantumkan dalam CV lamaran kerja yaitu nama lengkap, alamat email, nomor telepon, riwayat pendidikan, pengalaman kerja dan juga skill yang Anda miliki selama kuliah maupun selama kegiatan di luar kuliah
2. Surat Lamaran
Selain dari CV, Anda juga wajib untuk melengkapi surat lamaran kerja yang berisi tentang informasi minat yang Anda tekuni atau pada posisi kerja yang akan Anda lamar. Selain dari itu juga, biasanya di dalam surat lamaran kerja Anda akan mencantumkan informasi darimana Anda mengetahui lowongan kerja tersebut
3. Formulir Data Pribadi dari Perusahaan
Urutan yang ketiga adalah formulir data pribadi Anda yang terkadang sering kali diabaikan oleh semua para pencari kerja. Karena tak sedikit orang yang lupa pada saat mengisi berkas ini pada saat ia datang untuk melakukan psikotes ataupun wawancara kerja
Akan tetapi, tidak semua dari perusahaan memiliki prosedur semacam ini. Namun, bagi yang yang menerima informasi tentang data pribadi ini, maka yang harus Anda diisi diantaranya adalah nama Anda, nilai IPK, riwayat pekerjaan Anda bahkan hingga ekspektasi gaji yang Anda inginkan.
4. Foto Copy Ijazah dan Transkrip Nilai
Selain itu juga, Anda wajib untuk melengkapi berkas tersebut dengan ijazah dan juga transkrip nilai terakhir pendidikan Anda yang sudah di fotokopi serta telah di legalisir. Dokumen yang satu ini terbilang penunjang berkas lamaran yang sangat wajib untuk dilampirkan oleh pelamar kerja.
Berkas yang satu ini akan berguna untuk lebih meyakinkan pihak HRD bahwa Anda ini benar-benar pernah memasuki bangku kuliah di Universitas yang Anda catat di CV beserta dngan prestasi nilai akademik yang Anda miliki sesuai dengan apa yang telah diakui pihak kampus setempat.
Baca Juga : Ini Dia Aplikasi Untuk Membuat CV di Hp
5. KTP dan Kartu Keluarga
Urutan persyaratan lamaran kerja yang benar selanjutnya adalah dokumen KTP dan juga Kartu Keluarga sebagai berkas data pelengkap. Walaupun berkas yang satu ini tidak begitu signifikan dan mempengaruhi, namun kemungkinan besar Anda bisa lulus ke proses rekrutmen selanjutnya.
Meskipun begitu, berkas lamaran kerja yang satu ini bisa menjadi sangat penting bagi pihak perusahaan. Dengan demikian pihak perusahaan bisa mengetahui alamat Anda bila sewaktu-waktu terjadi suatu hal yang sangat penting untuk disampaikan
6. Pas Foto
Berkas selanjutnya, yang harus Anda lampirkan pada saat melamar kerja adalah pas foto yang nantinya akan dibutuhkan sebagai tanda pengenal sebagai pengganti KTP dan juga Kartu Keluarga. Umumnya pas foto yang dibutuhkan berukuran 3×4 atau 4×6 sebanyak 2 atau 3 lembar
Selain itu juga, kriteria dari warna background yang harus Anda pilih di dalam pasfoto tersebut adalah berwarna biru atau berwarna merah yang disesuaikan sesuai dengan kebijakan dari masing-masing instansi perusahaan yang bersangkutan.
Dari sisi pakaian yang dikenakan pada saat mengambil gambar untuk dijadikan sebagai pasfoto yaitu untuk laki-laki mengenakan baju yang berkerah dan dilengkapi dengan dasi atau setelan jas hitam. Sedangkan untuk perempuan rambut harus rapi dengan pakaian yang berkerah setelan blazer.
7. Sertifikat atau Piagam Penghargaan
Satu berkas yang tidak boleh untuk dilewatkan adalah jenis berkas sertifikat atau piagam penghargaan. Jika pada saat Anda kuliah memiliki skil tertentu seperti bisa bahasa Inggris (TOEFL maupun IELTS) dan pendidikan yang lainnya
Maka hal tersebut bisa memperbesar untuk kemungkinan Anda dipanggil oleh pihak perusahaan. Jika terutama jika Anda memiliki piagam penghargaan atas semua prestasi yang Anda dapatkan tersebut di bidang akademis atau non akademis, maka sertifikat tersebut bisa untuk disertakan.
8. Surat Keterangan Sehat dari Dokter
Di beberapa perusahaan maupun di beberapa instansi selalu memerlukan sebuah surat keterangan sehat dari dokter, Hal ini bertujuan dengan alasan pekerjaan tertentu. Meskipun surat ini tidak diwajibkan untuk selalu disertakan, akan tetapi untuk memberikan nilai plus ada baiknya jika Anda persiapkan
Berkas surat kesehatan ini sangatlah mudah untuk Anda peroleh, Anda hanya cukup mendatangi praktek dokter terdekat di sekitar Anda untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika Anda dinyatakan sehat maka pihak dokter yang telah memeriksa Anda akan memberikan surat keterangan sehat tersebut kepada Anda.
9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)
Urutan persyaratan lamaran kerja yang benar terakhir yang juga termasuk ke dalam daftar berkas dokumen yang wajib untuk Anda lengkapi pada saat melakukan lamaran kerja adalah Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau SKCK.
Anda bisa membuat surat SKCK ini di Polsek terdekat sekitar Anda. Namun untuk berkas yang satu ini sebetulnya bukan termasuk pada berkas yang wajib untuk Anda bawa melainkan ketika pihak perusahaan menanyakan surat tersebut Anda harus membawanya sebagai salah satu syarat.
Surat SKCK ini bisa menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk bisa melihat diri Anda bahwa Anda ini tidak memiliki rekam kriminal atau memiliki hal negatif lainnya yang dapat membuat perusahaan menjadi ragu untuk bisa memilih Anda sebagai calon pegawai di perusahaan tersebut.
- Cari Lowongan Kerja terbaik Anda melalui situs aksesinfo.my.id
